Pages

Rabu, 27 Februari 2013

Nama – Nama Surga

Di dalam Al Qur’an banyak disebutkan tentang nama-nama surga. Menurut para ahli tafsir, nama-nama surga yang disebutkan oleh Al Qur’an antara lain sebagai berikut.

      1.      Surga Firdaus
Nama surga Firdaus telah termaktub di dalam Al Qur’an, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, bagi mereka adalah surga Firdaus yang menjadi tempat tinggal, mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin pindah daripada-nya.” (QS. Al Kahfi : 107-108).
Surga Firdaus diciptakan oleh Allah SWT sebagai balasan untuk orang-orang dengan kriteria-kriteria sebagaimana difirmankan oleh Allah SWT, “Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, yaitu orang-orang yang khusyu’ di dalam shalatnya. Dan orang-orang yang menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tiada berguna. Dan orang-orang yang menunaikan zakat. Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka tiada tercela. Maka barangsiapa yang mencari di balik itu, mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat yang dipikulnya dan janji-janjinya dan orang-orang yang memelihara shalatnya. Mereka itulah orang-orang yang mewarisi surga Firdaus, mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al Mukminun : 1-11).

      2.      Surga ‘Adn
Di antara ayat Al Qur’an yang menyebut nama surga ‘Adn adalah ayat berikut, “Yaitu surga “Adn yang pintu-pintunya terbuka bagi mereka,” (QS. Shaad : 50).
Penghuni surga ‘Adn sangat senang di dalamnya, di sana terdapat sungai-sungai yang mengalir di bawahnya, mereka diberi gelang perhiasan dari emas, berpakaian hijau yang terbuat dari bahan sutera yang bersulam benang emas, serta mereka berbaring di atas persada yang indah. Itulah pahala bagi mereka yang beriman dan banyak beramal shaleh. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT, ”Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beraman shaleh, pastilah Kami tidak akan menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengerjakan amalnya dengan cara yang lebih baik. Mereka itulah orag-orang yang berhak mendapat surga ‘Adn, yang mengalir sungai-sungai di bawahnya. Di sana mereka akan diberi hiasan dari emas, berpakaian hijau dari sutera dewangga dan sutera yang bersulam benang emas, seraya berbaring di atas persada yang indah. Itulah suatu pahala yang amat menyenangkan, suatu tempat tinggal yang amat indah.” (QS. Al Kahfi : 30-31)
Orang yang sabar, mendirikan sholat, dan banyak bersedekah juga berhak masuk ke dalam surga ‘Adn. Allah SWT berfirman, “Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi-sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan, orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik) yaitu surga ‘Adn yang mereka masuk bersama-sama dengan orang-orang yang shaleh dari bapak-bapaknya, istri-istrinya dan anak cucunya, sedang malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu.” (QS. Ar Ra’du : 22-23)
Orang yang bersih dari kekafiran dan kemaksiatan juga berhak masuk ke dalam surga ‘Adn. Allah SWT berfirman,”Dan barangsiapa datang kepada Tuhannya dalam keadaan beriman, lagi sungguh telah beramal shaleh, maka mereka itulah orang-orang yang memperoleh tempat yang tinggi. Yaitu surga ‘Adn yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. Dan itu adalah balasan bagi orang-orang yang bersih (dari kekafiran dan kemaksiatan).” (QS. Thaha : 75-76)


      3.      Surga Na’im
Surga Na’im merupakan surge yang penuh dengan kenikmatan. Sebenarnya orang-orang kafir itu ingin masuk ke dalamnya, tetapi karena keingkarannya kepada Allah SWT, mereka tidak bisa masuk ke dalamnya, bahkan tempat mereka adalah neraka. Firman Allah SWT yang berkaitan dengan hal tersebut, yaitu “Adakah setiap orang-orang kafir itu ingin masuk ke dalam surga penuh kenikmatan (tanpa iman)?” (QS. Al Ma’arij : 38)
Sungguh beruntunglah orang-orang yang dapat memasuki surga Na’im ini, karena di dalamnya penuh dengan kenikmatan yang tiada bandingnya, sedang di bawah mereka mengalir sungai-sungai. Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, mereka dibimbing Tuhan mereka karena keimanannya, di bawah mereka mengalir sungai-sungai, di dalam surge yang penuh kenikmatan.” (QS. Yunus : 9)
Sudah tidak diragukan lagi, bahwa orang-orang yang bertakwa berhak atas surga Na’im. Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya bagi orang-orang yang bertakwa (disediakan) surga-surga yang penuh enikmatan di sisi Tuhannya.” (QS. Al Qalam : 34)

      4.      Surga Ma’wa
Orang yang benar-benar takut akan kebesaran Allah SWT dan dapat menahan diri dari hawa nafsunya, maka ia berhak menempati surga Ma’wa. Allah SWT berfirman, “Dan adapun orang-orang yang takut akan kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggalnya.” (QS. An Nazi’at : 40-41)

      5.      Surga Darussalam
Selain orang Islam, mereka tidak bisa masuk ke dalam surga Darussalam ini. Sebenarnya Allah SWT tidak menyeru agar manusia memasuki surge ini, tetapi kebanyak manusia adalah penghuni neraka. Allah SWT berfirman, “Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (surga) dan menunjukkan orang-orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus (Islam).” (QS. Yunus : 25)

      6.      Surga Darul Muqamah
Penghuni surga Darul Muqamah ini tidak akan merasa lelah maupun lesu dan mereka kekal di dalamnya. Allah SWT berfirman, “Yang menempatkan kami ke dalam tempat yang kekal (surga) dari karuniaNya. Di dalamnya kami tidak merasa lelah dan tidak pula merasa lesu.” (QS. Fathir : 35)

      7.      Surga Maqamin Amin
Sesuai dengan namanya, para penghuni surga Maqamin Amin ini benar-benar merasa aman di dalamnya, yaitu mereka yang senantiasa bertakwa kepada Allah SWT. Hal ini sesuai dengan firman Allh SWT, “Sesungguhnya bagi orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman (surga).” (QS. Ad Dukhan : 51)

      8.      Surga Khuldi
Allah SWT telah membentangkan dua jalan kepada manusia, yaitu jalan menuju surga dan jalan menuju neraka. Ketahuilah, bahwa jalan yang menuju surga itulah yang terbaik dan orang-orang yang bertakwa berhak memasuki surga Khuldi ini. Allah SWT : berfirman, “Katakanlah;”Apakah (azab) yang demikian itu yang baik atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa, yang menjadi balasan dan tempat kembali.” (QS. Al Furqon : 15)
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa nama-nama surga yang tercantum dalam Al Qur’an adalah surga Firdaus, surga ‘Adn, surga Na’im, surga Ma’wa, surga Darussalam, surga Darul Muqamah, surga Maqamin Amin, dan surga Khuldi. Dari situ pula dapat kita ketahui bahwa untuk masuk ke dalam surga diperlukan syarat khusus, yaitu beriman, bertakwa, dan beramal shaleh kepada Allah SWT.

Sumber : Buku Ternyata Wanita Lebih Mudah Masuk Surga, Hj. Iis Nur’aeni Afgandi dan Hj. Iis Salsabilah, hal 5-9

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About

Cara Memasang Jam Dan Kalender di Blog